Asyncrhonous

Selasa, 04 Agustus 2015

Ikan Cardinal Tetra

Aquascape with Cardinal Tetra
Cardinal Tetra (Paracheirodon Axelrodi) merupakan ikan air tawar dari keluarga Characin (keluarga Characidae) dari ordo Characiformes. Ikan ini adalah spesies asli sungai Orinoco atas dan sungai Rio Negro di Amerika Selatan.
Tumbuh panjang total sekitar 3 cm (1,25 in), kardinal tetra memiliki karakteristik garis biru warna-warni mencolok dengan garis merah di bawah nya dari sirip muka sampai keekor. Nama umum ikan Cardinal Tetra, mengacu pada warna merah cemerlang yang mengingatkan akan jubah seorang kardinal. Sedangkan nama belakang latin nya diberikan kepada ahli ikan asal Jerman Dr. Herbert R. Axelrod sebagai sebuah kehormatan.
Sekilas Penampilan kardinal tetra sangat mirip dengan sepupunya neon tetra, banyak orang yang bingung membedakannya, namun apabila kita lebih perjelas lagi. Sangat mudah membedakan antara kardinal tetra dengan neon tetra. warna merah neon tetra hanya sekitar setengah panjangnya dari hidung ke setengah bagian badan dan warna biru pada garis biru nya tampak kurang prima. Paracheirodon Axelrodi juga sering disebut neon merah tetra.
Cardinal Tetra merupakan ikan akuarium yang sangat populer, tapi kurang populer dibandingkan neon tetra karena sampai saat ini, sulit untuk dikembang biakan di penangkaran. Namun, sudah mulai banyak peternak yang memproduksi ikan tersebut saat ini.
Biasanya, para penghobi ikan hias lebih memilih untuk membeli ikan yang dibudidayakan, tetapi beberapa ichthyologists (ahli ikan) Brasil percaya bahwa penghobi ikan hias harus terus mendukung perikanan berkelanjutan kardinal tetra dari lembah Amazon dengan memilih ikan tangkapan liar (WC), karena terdapat ribuan orang bekerja di wilayah tersebut untuk menangkap ikan dan diperdagangkan bagi penghobi ikan hias di seluruh dunia. Jika para nelayan kehilangan mata pencaharian dalam menangkap ikan Cardinal Tetra dan ikan tropis lainnya, ada potensi besar bahwa mereka akan terlibat dalam deforestasi untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Di daerah Barcelos di tepian sungai Rio Negro Brazil dimana hampir sebagian besar penduduk setempat menangkap ikan untuk diperdagangkan bagi industri ikan hias. Penangkapan ikan kardinal tetra di sini sangat dihargai oleh masyarakat setempat yang bertindak sebagai penjaga lingkungan. Orang-orang lokal mungkin tidak terlibat dalam kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan, seperti penggundulan hutan, karena mereka dapat tetap hidup berkelanjutan dari perikanan ini.
Mungkin karena asal-usul nya adalah hasil tangkapan liar, kardinal tetra cenderung agak kecil di penangkaran. Di alam liar, ikan ini menghuni air yang lembut (soft), air asam, tetapi tampaknya menjadi toleran terhadap kondisi air yang lebih basa. Mereka lebih suka air suhu hangat (di atas 75 ° F (24 ° C) atau hangat). Cardinal Tetra hasil penangkaran cenderung lebih kuat untuk beradaptasi dengan air yang lebih keras (hard) daripada Cardinal Tetra tangkapan liar.
Mengingat asal-usul Cardinal Tetra, yaitu sungai blackwater yang memiliki pH asam, kandungan mineral rendah dan adanya asam humat, spesies ini beradaptasi dengan berbagai kondisi di penangkaran, meskipun penyimpangan dari soft water dan asam kimia air dari jangkauan asli mereka akan berdampak parah pada pembibitan dan fekunditas. Kisaran suhu yang disukai ikan adalah 21 ° C hingga 28 ° C (70 ° F hingga 82 ° F). Kandungan kimia di air dari air dalam akuarium harus cocok dengan habitat liar.
Sebagai spesies yang bergerombol di alam liar, minimum pemeliharaan adalah sepuluh ekor atau lebih. Arus air pada aquarium dapat membantu mendorong perilaku bergerombol. Semakin besar jumlah ikan tetra dalam akuarium (sesuai dengan batasan yang biasa dikenakan oleh ruang dan efisiensi filtrasi) akan lebih baik, dan akan memberikan tampilan yang mengesankan dan visual yang menakjubkan.
Ikan ini adalah omnivore memakan pellet kecil dan cacing beku namun dalam pembibitan disarankan menggunakan makanan hidup seperti Daphnia.
Perlengkapan akuarium harus direncanakan dengan teliti. tanaman air hidup, serta menyediakan komponen filtrasi biologis tambahan untuk membantu dalam menjaga manajemen kandungan nitrat dalam air, menyediakan lingkungan yang menyerupai setidaknya bagian dari habitat liar nya, dan tanaman berdaun halus seperti Cabomba biasanya menjadi tanaman pilihan, meskipun tanaman lain seperti sebagai Amazon swordplants dan Vallisneria sama-sama cocok untuk akuarium mereka.
Tanaman mengambang akan memberikan keteduhan. Hal ini yang harus diperhatikan dalam pengembangbiakan ikan ini. Sebuah biotope (miniatur habitat asli) sempurna yang terdapat bogwood, beberapa tanaman hidup asli, substrat gelap, tanaman mengambang di dalamnya dan lampu yang tenang (tidak terlalu terang) untuk memberikan mereka kenyamanan agar mereka mau memijah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar